Tuesday, November 17, 2009

Tentang Cat

Masih ingat saya ... ketika dulu (sebelum Ay ikut kursus seni rupa di TBY), saya "pelit" cat air kepadanya. Wah, emak yang perhitungan .... :D

Pemikiran saya waktu itu, sih, merasa "sayang" dengan cat tersebut (beda dengan crayon) kalau tidak dipakai untuk menggambar yang jelas. Yah ... sayanglah kalau cuma buat corat-coret aja .... Cat itu bla ... bla ... bla ... apalagi bukan yang murahan.

Namun, pemikiran itu sekarang berubah total setelah Ay ikut kursus di TBY dan mulai terlihat minat dan bakatnya di bidang seni lukis. Bahkan, saya belikan cat acrylic dan kanvas ukuran kecil. Apalagi setelah Ay pameran dan ikut workshop Biennale Anak (dan tidak sengaja mendengar diskusi singkat mentor Ay tentang lukisan Ay: artinya bukan hanya untuk menyenangkan anak atau ortu).

Sekarang saya bebaskan Ay memakai cat acrylic (tapi, tetep dengan arahan). Mau dikeluarkan langsung di atas kanvas (seperti yang diajarkan mentornya begitu melihat Ay berani main warna), ya, silakan .... Yah, asal dia tahu apa yang mau dia lukis. Asal dia mau menyiapkan dan membereskan peralatan lukisnya sendiri. Demi mengasah bakat seni Ay, yang jujur kadang saya gak tahu apa yang akan dilukisnya.

Satu hal yang penting, semoga lukisan Ay memiliki karakter dia sendiri.

Sekarang ada anggaran baru: peralatan lukis Aysha. :)

No comments:

Post a Comment